Sunday, March 27, 2016

Day 85 - BRT Bandara - Tembalang

Yup!
Finally I had a chance to go to Semarang to visit my sister. She is studying at University of Diponegoro, taking public health as her major. We're not gonna talk about her now, sorry :)

I like taking chance to explore and discover new place ALONE! Literally alone, by my self. The excitement of being confused and lean on Google or local people might be the ultimate feelings I always search for. Seru!

This time was my chance to explore BRT. The twin of TransJakarta busway.



For the next sentences, I'll write in Bahasa since it is more likely understandable for Indonesian.

Untuk bisa ke halte BRT terdekat dari bandara, kita harus berjalan ke luar bandara, tepatnya dari pintu Kedatangan, langsung jalan kaki ke kiri jalan untuk keluar dari gapura bandara Ahmad Yani. Gak lama dari situ, kita akan menemukan rel kereta dan sekitar 50 meter ke depan, halte BRT sudah terlihat.

Kalau agak lama nunggu sabar aja ya, kayaknya memang armada bus tidak terlalu banyak yang ke bandara. This was  really my first time, I was curious back then till I really wanted to wait for it.

Jangan bingung kalau halte nya benar-benar seperti halte bus di Jakarta, bukan halte busway ya, Disana kita ga bisa langsung beli tiket karena ketika masuk busway, nanti ada petugas yang bawa alat semacam EDC untuk kita membeli tiket. Harga tiket BRT 3,500. Nah ini jalurnya kalau mau ke Tembalang.

Ingat! Kita harus senantiasa bertanya arah BRT bakal lewatin Tembalang apa enggak, soalnya untuk first timer kayak gue, asli gue bingung sebenarnya ada berapa warna untuk armada BRT itu sendiri hahaha.

1. Dari Bandara, transit di halte SMA 5 Pemuda (biasanya petugas suka nyebut halte ini sebagai halte Pemuda.
2. Dari halte SMA 5 Pemuda, pindah bus yang ke arah Balaikota (ketika bus BRT datang, petugas selalu meneriakkan halte halte yang akan dilewati oleh bus tersebut), jadi pasang kuping aja.
3. Dari Balaikota transit lagi dan pindah bus yang ke arah Tembalang.

Notes:
1. Setiap kali transit, jangan lupa untuk menyerahkan tiket ke petugas. Biasanya mereka akan menandakan tiket tersebut dengan cara melobangi tiket. Gue rasa ini dilakukan sebagai bukti kalau kita sudah beli tiket dan hanya transit.
2. Petugas BRT selalu siaga buat ngasih tahu kita sudah ada di halte mana. Jadi pasang kuping baik baik ya!:)
3. Dari bandara ke tembalang, waktu yang dibutuhkan kurang lebih satu jam.
4. Kalau masi belum ngerti atau ga yakin, tanya aja! Malu bertanya beneran sesat di jalan loh!

Semoga membantu! :)


No comments: