Monday, May 21, 2018

Express Mail Service (EMS) Pos Indonesia

Hi there,

Been a while again after the last post. Hope you guys doing good! :)

Kali ini gue mau banget nge review salah satu jasa Pos Indonesia--EMS yang ternyata recommended banget sih (tetiba kayak terpesona gitu sama BUMN yang satu ini)

Singkat kata, ceritanya gue ngirim surat ke Australia, terus sempet survei sana sini nyoba kira-kira jasa apa yang murah tapi juga reliable. Karena anaknya mageran jadi cuma cek DHL dan JNE which harganya ternyata mahal yah kakak :")

Akhirnya alhamdulillah hatiku terpaut ke Pos Indonesia dengan servis EMSnya. Selain karena emang ada kantor cabangnya di sekolah gue, harganya ituloh, jauh banget dibandingkan DHL, cuma Rp 243,000,- untuk kirim surat dan waktu antar nya juga ga terlalu lama, cuma H+5. 

Nanti pihak Pos Indonesia bakal kasih kwitansi dengan tracking number yang tertera di kanan atas. Di gambar ini, warnanya di stabilo hijau.


Karena anaknya kepo banget, jadinya iseng kan tiap hari ngecek apakah bener H+5. Untuk cek tracking number nya bisa di website mereka.
Tinggal masukin tracking number dan safety code terus muncul deh The Status of The Shipment nya.



Dari data di atas, gue berkenalanlah dengan istilah inward OE karena menurut gue aneh banget ini kok 3 hari masih ada di Singapore. Sempet berpikir oh mungkin suratnya udah ada di pesawat. Siangnya gue dapat dari Lachlan kalau dia udah dapat suratnya! Gue (lagi-lagi) wah gitu (norak ya gue haha), kalau gitu cepet banget dong berarti H+4? Terus akhirnya gue berpikirlah mungkin pas statusnya inward OE bener2 inward, which is udah sampai di negara yang dituju. Good job Pos Indonesia!

Update terbaru: Lachlan bilang kalau dia dapat sms yang bilang kalau bakal ada surat yang datang hari ini dan ternyata, I just found out dari dia kalau suratnya dibungkus pakai plastik DHL. I was like, "man, gue menang banyak ini, harga Pos Indonesia tapi packaging dan service harga DHL" :)))




Semoga post ini berguna ya!

Kalau kalian mau cek tarif, bisa di klik di website ini

Untuk surat aja, gue sengaja tulis 250 gram untuk berat bersihnya.

Kalau ini website ems service dalam bahasa Inggris:

No comments: